Monday, December 28, 2015

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru)

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) - Sudahkah guru melakukan pemetaan SILABUS pada RPP-nya? Selain berguna untuk menentukan alur pembelajaran, pemetaan KD dan KI juga berguna untuk mencapai target pembelajaran.     Kurikulum  2013 sedang gencar-gencarnya diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas. Baik tingkat MI, SD, MTs, SMP, MA, MAK, SMA, dan SMK. Namun belum semua guru telah melaksanakannya. Kendalanya banyak hal, mulai dari buku siswa yang belum sampai ke sekolah hingga persiapan guru (RPP).     Seiring dengan berjalannya waktu, pendistribusian Buku Kurikulum 2013, baik Buku Siswa maupun Buku Guru sedang dimaksimalkan oleh pemerintah. Ini merupakan salah satu langkah dalam implementasi kurikulum 2013 di berbagai satuan pendidikan di Seluruh Indonesia. Tidak hanya itu saja, dalam penerapan kurikulum 2013 ini juga, banyak sekali dilaksanakan Pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013, BIMTEK Kurikulum 2013, dan banyak hal lainnya lagi yang berkaitan dengan kurikulum 2013.   Dalam proses belajar mengajar, tetntu seorang guru dituntut untuk dapat membuat RPP. Apa itu RPP ? Seperti yang dijelaskan di Wikipedia, bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Sedangkan menurut pendapat lain yang dikutip juga dari Wikipedia, Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Itu merupakan ulasan mengenai pengertian RPP secara singkat.     Yang jadi pertanyaan, Apakah Guru sudah mengetahui cara pembuatan RPP Kurikulum 2013 ?  Mungkin ada yang sudah ada juga yang belum, karena melihat dari pengimplementasian Kurikulum 2013 saja belum merata. Untuk itu, dalam postingan ini akan kami bagikan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) untuk penyusunan RPP guru-guru di seluruh Indonesia. Karena dengan melihat pemetaan KD dan KI inilah anda semua dapat menyusun RPP Kurikulum 2013.    Tanpa banyak kata lagi, silahkan anda dapat mengambilnya di link berikut :     Kelas 1      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 1 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 1 Smt 2     Kelas 2      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 2 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 2 Smt 2  Kelas 3      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 3 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 3 Smt 2  Kelas 4      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 4 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 4 Smt 2  Kelas 5      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 5 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 5 Smt 2  Kelas 6      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 6 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 6 Smt 2

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) - Sudahkah guru melakukan pemetaan SILABUS pada RPP-nya? Selain berguna untuk menentukan alur pembelajaran, pemetaan KD dan KI juga berguna untuk mencapai target pembelajaran.

Kurikulum  2013 sedang gencar-gencarnya diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas. Baik tingkat MI, SD, MTs, SMP, MA, MAK, SMA, dan SMK. Namun belum semua guru telah melaksanakannya. Kendalanya banyak hal, mulai dari buku siswa yang belum sampai ke sekolah hingga persiapan guru (RPP).

Seiring dengan berjalannya waktu, pendistribusian Buku Kurikulum 2013, baik Buku Siswa maupun Buku Guru sedang dimaksimalkan oleh pemerintah. Ini merupakan salah satu langkah dalam implementasi kurikulum 2013 di berbagai satuan pendidikan di Seluruh Indonesia. Tidak hanya itu saja, dalam penerapan kurikulum 2013 ini juga, banyak sekali dilaksanakan Pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013, BIMTEK Kurikulum 2013, dan banyak hal lainnya lagi yang berkaitan dengan kurikulum 2013.

Dalam proses belajar mengajar, tetntu seorang guru dituntut untuk dapat membuat RPP. Apa itu RPP ? Seperti yang dijelaskan di Wikipedia, bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Sedangkan menurut pendapat lain yang dikutip juga dari Wikipedia, Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Itu merupakan ulasan mengenai pengertian RPP secara singkat.

Yang jadi pertanyaan, Apakah Guru sudah mengetahui cara pembuatan RPP Kurikulum 2013 ?  Mungkin ada yang sudah ada juga yang belum, karena melihat dari pengimplementasian Kurikulum 2013 saja belum merata. Untuk itu, dalam postingan ini akan kami bagikan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) untuk penyusunan RPP guru-guru di seluruh Indonesia. Karena dengan melihat pemetaan KD dan KI inilah anda semua dapat menyusun RPP Kurikulum 2013. 

Tanpa banyak kata lagi, silahkan anda dapat mengambilnya di link berikut :

Sekian dulu untuk postingan hari ini mengenai Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru). Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya, khususnya bagi guru-guru yang akan membuat RPP Kurikulum 2013.

Tunggu untuk postingan selanjutnyanya, jangan lupa untuk like FansPage kami, share juga artikel ini jika memang penting, dan Tinggalkan Komen jika ada pertanyaan.

Salam Rumah Madrasah.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) - Sudahkah guru melakukan pemetaan SILABUS pada RPP-nya? Selain berguna untuk menentukan alur pembelajaran, pemetaan KD dan KI juga berguna untuk mencapai target pembelajaran.     Kurikulum  2013 sedang gencar-gencarnya diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas. Baik tingkat MI, SD, MTs, SMP, MA, MAK, SMA, dan SMK. Namun belum semua guru telah melaksanakannya. Kendalanya banyak hal, mulai dari buku siswa yang belum sampai ke sekolah hingga persiapan guru (RPP).     Seiring dengan berjalannya waktu, pendistribusian Buku Kurikulum 2013, baik Buku Siswa maupun Buku Guru sedang dimaksimalkan oleh pemerintah. Ini merupakan salah satu langkah dalam implementasi kurikulum 2013 di berbagai satuan pendidikan di Seluruh Indonesia. Tidak hanya itu saja, dalam penerapan kurikulum 2013 ini juga, banyak sekali dilaksanakan Pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013, BIMTEK Kurikulum 2013, dan banyak hal lainnya lagi yang berkaitan dengan kurikulum 2013.   Dalam proses belajar mengajar, tetntu seorang guru dituntut untuk dapat membuat RPP. Apa itu RPP ? Seperti yang dijelaskan di Wikipedia, bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Sedangkan menurut pendapat lain yang dikutip juga dari Wikipedia, Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Itu merupakan ulasan mengenai pengertian RPP secara singkat.     Yang jadi pertanyaan, Apakah Guru sudah mengetahui cara pembuatan RPP Kurikulum 2013 ?  Mungkin ada yang sudah ada juga yang belum, karena melihat dari pengimplementasian Kurikulum 2013 saja belum merata. Untuk itu, dalam postingan ini akan kami bagikan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) untuk penyusunan RPP guru-guru di seluruh Indonesia. Karena dengan melihat pemetaan KD dan KI inilah anda semua dapat menyusun RPP Kurikulum 2013.    Tanpa banyak kata lagi, silahkan anda dapat mengambilnya di link berikut :     Kelas 1      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 1 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 1 Smt 2     Kelas 2      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 2 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 2 Smt 2  Kelas 3      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 3 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 3 Smt 2  Kelas 4      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 4 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 4 Smt 2  Kelas 5      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 5 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 5 Smt 2  Kelas 6      Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 6 Smt 1     Pemetaan KD KI-3 & KI-4  Kls 6 Smt 2

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) - Sudahkah guru melakukan pemetaan SILABUS pada RPP-nya? Selain berguna untuk menentukan alur pembelajaran, pemetaan KD dan KI juga berguna untuk mencapai target pembelajaran.

Kurikulum  2013 sedang gencar-gencarnya diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas. Baik tingkat MI, SD, MTs, SMP, MA, MAK, SMA, dan SMK. Namun belum semua guru telah melaksanakannya. Kendalanya banyak hal, mulai dari buku siswa yang belum sampai ke sekolah hingga persiapan guru (RPP).

Seiring dengan berjalannya waktu, pendistribusian Buku Kurikulum 2013, baik Buku Siswa maupun Buku Guru sedang dimaksimalkan oleh pemerintah. Ini merupakan salah satu langkah dalam implementasi kurikulum 2013 di berbagai satuan pendidikan di Seluruh Indonesia. Tidak hanya itu saja, dalam penerapan kurikulum 2013 ini juga, banyak sekali dilaksanakan Pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013, BIMTEK Kurikulum 2013, dan banyak hal lainnya lagi yang berkaitan dengan kurikulum 2013.

Dalam proses belajar mengajar, tetntu seorang guru dituntut untuk dapat membuat RPP. Apa itu RPP ? Seperti yang dijelaskan di Wikipedia, bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Sedangkan menurut pendapat lain yang dikutip juga dari Wikipedia, Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Itu merupakan ulasan mengenai pengertian RPP secara singkat.

Yang jadi pertanyaan, Apakah Guru sudah mengetahui cara pembuatan RPP Kurikulum 2013 ?  Mungkin ada yang sudah ada juga yang belum, karena melihat dari pengimplementasian Kurikulum 2013 saja belum merata. Untuk itu, dalam postingan ini akan kami bagikan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru) untuk penyusunan RPP guru-guru di seluruh Indonesia. Karena dengan melihat pemetaan KD dan KI inilah anda semua dapat menyusun RPP Kurikulum 2013. 

Tanpa banyak kata lagi, silahkan anda dapat mengambilnya di link berikut :

Sekian dulu untuk postingan hari ini mengenai Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 (Revisi Terbaru). Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya, khususnya bagi guru-guru yang akan membuat RPP Kurikulum 2013.

Tunggu untuk postingan selanjutnyanya, jangan lupa untuk like FansPage kami, share juga artikel ini jika memang penting, dan Tinggalkan Komen jika ada pertanyaan.

Salam Rumah Madrasah.


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.