Wednesday, August 24, 2016

Cara Menggunakan tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M


Selamat para guru dan operator, bagi pak guru atau bu guru pasti tidak asing dengan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M,


 Tujuan utama Penyusunan dan perumusan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dengan menggunakan tools ini sendiri adalah: a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara berkala (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing berdasarkan hasil analisis evaluasi diri Sekolah/Madrasah.

b) Peserta memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan dengan tingkat capaian yang terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekaligus dapat memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.

c) Peserta memahami beberapa hal yang harus direncanakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara bertahap yang dituangkan dalam RKS/M.

d) Peserta memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).

e) Peserta memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan cara pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M.

f) Peserta (Sekolah/Madrasah/madrasah) dapat menyelesaikan dokumen RKS/M dan RKT sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan dan penggunaan angggaran.

Sedangkan Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M dengan menggunakan tools ini memberikan manfaat sebagai berikut:

a) Sekolah/Madrasah memiliki profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M).

b) Sekolah/Madrasah memiliki laporan EDS/M yang dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus memiliki potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.

c) Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKS/M 4 tahun berdasarkan hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus.

d) Sekolah/Madrasah memiliki rancangan RKAS/M untuk 4 tahun.

e) Sekolah/Madrasah memiliki LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah).

f) Sekolah/Madrasah bisa mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP. Cara Menggunakan TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

Sebelum menggunakan aplikasi tools alat bantu Penyusuan EDS RKS, RKAS sekolah anda, blog guru-id menyarankan untuk membaca penjelasan mengenai petunjuk teknis penggunaan aplikasi ini.




Download petunjuk penggunaan tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M disini


Selamat para guru dan operator, bagi pak guru atau bu guru pasti tidak asing dengan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M,


 Tujuan utama Penyusunan dan perumusan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dengan menggunakan tools ini sendiri adalah: a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara berkala (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing berdasarkan hasil analisis evaluasi diri Sekolah/Madrasah.

b) Peserta memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan dengan tingkat capaian yang terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekaligus dapat memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.

c) Peserta memahami beberapa hal yang harus direncanakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara bertahap yang dituangkan dalam RKS/M.

d) Peserta memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).

e) Peserta memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan cara pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M.

f) Peserta (Sekolah/Madrasah/madrasah) dapat menyelesaikan dokumen RKS/M dan RKT sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan dan penggunaan angggaran.

Sedangkan Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M dengan menggunakan tools ini memberikan manfaat sebagai berikut:

a) Sekolah/Madrasah memiliki profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M).

b) Sekolah/Madrasah memiliki laporan EDS/M yang dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus memiliki potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.

c) Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKS/M 4 tahun berdasarkan hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus.

d) Sekolah/Madrasah memiliki rancangan RKAS/M untuk 4 tahun.

e) Sekolah/Madrasah memiliki LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah).

f) Sekolah/Madrasah bisa mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP. Cara Menggunakan TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

Sebelum menggunakan aplikasi tools alat bantu Penyusuan EDS RKS, RKAS sekolah anda, blog guru-id menyarankan untuk membaca penjelasan mengenai petunjuk teknis penggunaan aplikasi ini.




Download petunjuk penggunaan tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M disini


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.